Loading...

Arus Listrik adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi arus listrik. Arus Listrik adalah aliran elektron dari titik yang kelebihan elektron menuju titik yang  kekurangan elektron. Perpindahan elektron inilah yang menhasilkan suatu energi yang di sebut energi listrik.  Arus listrik dapat di identikan seperti aliran air dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Dimana arus air yang mengalir mempunyai energi potensial yang dapat diubah menjadi energi listrik dengan bantuan generator.

Untuk dapat menghasilkan listrik, arus listrik membutuhkan penghantar dalam bentuk konduktor. Konduktor arus listrik yang baik adalah kabel-kabel yang di buat dari bahan dimana elektron dapat dengan mudah melompat dari satu atom ke atom yang lain. Dengan cara ini arus listrik dapat dialirkan ke tempat dimana energi listrik dibutuhkan.

Energi listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia karena energi listrik ini bersifat sangat flexible dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi lain. Arus listrik dapat diperoleh dari beberapa cara. yang paling umum adalah dengan menggunakan alat yang disebut generator. Selain itu, arus listrik juga dapat di hasilkan dari reaksi kimia dalam sebuah baterai ataupun aksi cahaya pada fotosel.

Arus listrik dapat diubah menjadi berbagai energi seperti energi panas, energi mekanik, cahaya, dll. Proses perubahan energi listrik menjadi ebergi lainnya dapat terjadi jika arus listrik mengalir melewati elemen-elemen dalam berbagai jenis alat aplikasi. Contoh alat pemanas menghasilkan energi panas ketika arus listrik mengalir lewat elemen pemanas. Begitu pula sebuah lampu pijar menghasilkan cahaya ketika ketika arus listrik mengalir melewati kawat filamen dan menimbulkan sinar putih yang berpijar.
Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere


Blog, Updated at: 11:08:00 AM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com