Loading...

Archimedes | Penemu Sekrup Archimedes

Archimedes adalah penemu sekrup archimedes. Sekrup Archimedes adalah sejenis pompa air yang berbentuk spiral yang fungsinya adalah untuk memompa air dari kedalaman tanah. Selain sebagai penemu sekrup archimedes, Archimedes merupakan seorang ilmuwan yang terkenal dengan prinsip pengapungan yang kemudian dikenal dengan istilah hukum Archimedes.

ArchimedesArchimedes adalah seorang fisikawan dan matematikawan berdarah Yunani yang hidup pada tahun 287-212 sebelum masehi. Ia menemukan prinsip hitungan kalkulus differesial dan rumus volume bola. Ia tersohor karena mengemukakan prinsip pengapungan yag konon ditemukannya ketika sedang berendam dibak mandi. Namun sayang kejeniusannya hilang bersama kematiannya di tangan serdadu Romawi ketika terjadi penyerbuan tentara Romawi di kota Syracuse.

Penemuan Archimedes yang paling melegenda adalah hukum prinsip pengapungan yang dikenal dengan istilah hukum Archimedes. Hukum Archimedes yang terkenal itu berbunyi: "..suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya kedalam zat cair akan mengalami gaya keatas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut.."


Blog, Updated at: 4:40:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com