Akar Tunggang | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi akar tunggang. Akar tunggang adalah akar pokok yang berasal dari lembaga yang biasanya tumbuh menghujan ke dalam tanah. Akar tunggang umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang berfungsi sebagai penyanggah batang agar tidak mudah roboh. Setiap tumbuhan yang tumbuh dari dari biji pasti memiliki akar tunggang. Terutama jika tumbuhan tersebut adalah tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil juga mempunyai akar tunggang namun kemampuannya menghujam tanah tidak sekuat akar tunggang pada tumbuhan dikotil.

Akar tunggang merupakan akar utama yang tumbuh dari biji, tegak kurus menghujam kedalam tanah dimana dari akar tunggang tersebut kemudian keluar cabang-cabang akar yang menyebar melebar di dalam tanah.  Dengan adanya akar tumbuhan, tumbuhan dikotil yang biasanya berdaun rindang dengan banyak cabang dapat bertahan untuk tetap tegak berdiri dalam oleh tiupan angin, terjangan banjir, dll.  

Contoh tumbuhan yang mempunyai akar tunggang antara lain pohon mangga, pohon jambu, polong-polongan, terung-terungan, dll.


Blog, Updated at: Wednesday, August 08, 2012