Akar tumbuhan | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi akar tumbuhan. Akar tumbuhan adalah bagian tumbuhan yg biasanya tertanam di dalam tanah sebagai penyanggah batang dan pengisap air serta zat makanan. Akar tumbuhan banyak sekali jenisnya tergantung dari jenis tumbuhan dan fungsinya.

Pengertian dan Definisi akar tumbuhan. Akar tumbuhan bisa merupakan bagian paling penting dari sebuah tumbuhan. Bahkan bisa dibilang tumbuhan tidak dapat hidup tanpa akar. Banyak tumbuhan yang tidak mempunyai batang, daun tapi pasti mempunyai akar. Tanpa akar tumbuhan tidak dapat hidup. Karena fungsi utama akar adalah untuk menghisap sari-sari makanan dari tanah ataupun dari tumbuhan inangnya. Selain itu akar juga dapat digunakan untuk bernafas. 

Banyak sekali jenis-jenis akar yang dimiliki oleh tumbuhan. Bahkan ada beberapa tumbuhan yang memiliki 2 atau bahkan lebih jenis akar. seperti beringin. Selain memiliki akar tunggang, beringin juga memiliki akar gantung. Nama akar biasanya di sesuaikan dengan fungsi, bentuk dan tempat keluarnya. Akar yang keluar dari daun di sebut akar daun atau akar adventisius. Akar yang berbentuk seperti serabut di sebut akar serabut. Begitu seterusnya. Berikut ini adalah beberapa jenis akar yang di kenal dalam ilmu botani.

Jenis-jenis akar antara lain:

2.  Akar tunggang
3.  Akar apung
4.  Akar batang
5.  Akar batu
6.  Akar belit
7.  Akar cabang
8.  Akar gantung
9.  Akar adventisius, dll
Comments
0 Comments