Akar Serabut | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Akar serabut. Akar serabut adalah sejumlah akar yang terdapat pada pangkal tumbuhan yang besar dan panjangnya hampir sama.  Sistem perakaran serabut terbentuk pada waktu akar primer membentuk cabang sebanyak banyaknya. Cabang akar yang tumbuh tidak menjadi besar tetapi tumbu akar lagi. lalu akar primer selanjutnya mengecil, sehingga bentuknya mirip dengan serabut. 

Akar serabut umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil atau tumbuhan berdaun lembaga satu, seperti: palm, bambu, alang-alang, pisang, dll. Akar serabut juga kadang-kandang terdapat pada tumbuhan dikotil yang dikembangbiakan dengan cara di cangkong atau stek. 

Fungsi utama akar serabut bagi tanaman monokotil adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan. Akar juga berfungsi sebagai penyerap air dan zat-zat minerak lainnya dari dalam tanah. Selain itu, akar serabut juga dapat berfungsi untuk mencagah erosi. karena serabut-serabut akar akan menahan kikisan tanah oleh air. Karena itu disarankan pada tanah yang berlereng sebaiknya di tanami dengan tanaman bambu untuk mencegah erosi dan tanah longsor
Comments
0 Comments