Vitamin A adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan manfaat Vitamin A. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang aktif dan larut dalam lemak dan disimpan dalam hati. Vitamin A terdiri dari dua bentuk yaitu: vitamin A pra-bentuk dan Pro-vitamin A. Vitamin A pra-bentuk terbagi menjadi 4, yaitu: retinol, retinal, asam retinoat dan ester retinil. Sedangkan provitamin A dikenal sebagai beta karoten.

Sifat Vitamin A

Vitamin A pada umumnya bersifat stabil terhadap panas, asam dan alkali. Namun sayangnya Vitamin A juga mempunyai sifat yang sangat mudah teroksidasi oleh udara dan akan rusak bila dipanaskan pada suhu tinggi bersama udara, sinar dan lemak yang sudah tengik.

Manfaat vitamin A

Manfaat vitamin A antara lain adalah membantu memelihara kulit, gigi dan tulang agar tetap sehat, termasuk memelihara selaput lendir pada hidung, kerongkongan dan paru-paru. Vitamin A di perlukan dalam pembentukan pigmen mata yang berfungsi bagi penglihatan di malam hari dan pada kondisi yang pencahayaannya kurang. Selain itu Vitamin A juga diperlukan bagi pengembangan janin di dalam rahim dengan benar.

Gejala Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A yang parah mengarah pada berbagai perubahan fisik pada mata yang pada akhirnya akan menyebabkan kebutaan. Selain itu kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kerentanan terhadap infeksi saluran pernafasan dan gangguan pada kulit.

Sumber-sumber Vitamin A

Dalam bahan pangan / makanan, Vitamin A banyak dijumpai dalam betuk karoten sebagai ester dari vitamin A dan vitamin A yang bebas. Keaktifan biologis karoten jauh lebih rendah dibandingkan dengan vitamin A itu sendiri. Sayuran dan buah-buahan yang berwarna hijau atau kuning biasanya banyak mengandung karoten. Semakin hijau daun tersebut semakin tinggi kadar karotennya. Walau begitu, makanan yang menjadi sumber vitamin  A terbaik adalah yang berasal dari hewan seperti minyak ikan cod, hati ikan halibut, telur, susu, produk olahan susu, dll.
Comments
0 Comments