Adaptasi Makhluk Hidup | Pengertian dan Definisi

Adaptasi Makhluk Hidup. Adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan. Adaptasi makhluk hidup adalah kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk dapat bertahan hidup. Masing-masing makhluk hidup mempunyai kemampuan dan cara tersendiri untuk beradaptasi dengan lingkungannya yang membuatnya mampu untuk terus bertahan hidup dan berkembang.

Adaptasi merupakan salah satu kemampuan makhluk hidup yang membuatnya berbeda dengan benda mati. Adaptasi makhluk hidup sebagian besar di pengaruhi oleh kondisi lingkungan di mana dia tinggal. Makluk hidup yang bisa beradaptasi terhadap kondisi lingkungan akan dapat bertahan hidup sedangkan yang tidak bisa beradaptasi akan musnah.

Kondisi lingkungan memang tidak akan berubah secara ekstrim, tetapi bertahap. Kecuali jika terjadi bencana alam atau peristiwa-peristiwa tak terduga yang membuat suatu lingkungan berubah 180'. Karena perubahan kondisi lingkungan terjadi secara bertahap, maka makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan tidak musnah.

  1. Gugurnya daun jati pada musim kemarau merupakan cara adaptasi untuk menghemat air.
  2. Kaki itik yang berselaput merupakan cara adaptasi terhadap kemampuan itik berenang diair.
  3. Paruh ayam merupakan cara adaptasi terhadap biji-bijian yang menjadi makanan utamanya, dl
Adaptasi makhluk hidup banyak sekali macamnya. Untuk lebih jelas, silah buka tautan: Macam-macam Adaptasi | Jenis-jenis Adaptasi
Comments
0 Comments