Malaria dan Jenis-jenis Malaria

Malaria dan jenis-jenis malaria. Malaria adalah penyakit  disebabkan oleh parasit yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi oleh parasit jenis Plasmodium yang juga dikenal dengan istilah parasit darah. Parasit plasmodium ini banyak jenisnya yang menyebabkan gejala penyakit malaria yang berbeda pula. 

Penyakit malatia dapat ditandai  dengan gejala awal seperti sakit kepala, badan lemas, hilang nafsu makan, mual, muntah, suhu badan naik (demam) namun tubuh mengigil kedinginan. Suhu badan tinggi namun si sakit mengigil kedinginan adalah salah satu ciri khas penyakit malaria. Dahulu kala, penyakit malaria pernah menjadi endemik dan susah diobati. Parasit malaria tidak dapat di bunuh hanya tidak aktif saja. Karena  itu setiap saat penyakit malaria bisa kambuh lagi. Namun seiring dengan perkembangan dunia kesehatan dan ditemukannya obat-obat baru yang dapat membunuh seluruh parasit plasmodium secara total, kini penyakit Malaria sudah mulai berkurang jangkitannya dan tidak lagi menjadi endemik.

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa parasit darah jenis plasmodium ini ada banyak jenisnya. Masing masing menyebabkan jenis malaria yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit malaria,

Jenis-jenis Malaria

Ada 4 jenis malaria pada manusia:
Malaria Tertiana dan malaria tropica merupakan jenis yang paling sering dijumpain, namun yang paling mematikan adalah jenis malaria tropica yang disebabkan oleh parasit Plasmodium falciparum.

Penyakit malaria merupakan penyakit endemis yang menyerang suatu wiayah dan dapat menjadi epidemik. Jika satu saja di temukan pesien malaria di suatu wilayah, maka kemungkinan seluruh penduduk di wilayah tersebut dapat tertular penyakit ini. Pengobatan penyakit malaria tergantung pada jenis malaria yang dideritanya.
Comments
0 Comments